Sejak kapan Islam
masuk dan berkembang di Pulau Lombok sulit ditentukan dengan tepat karena
sumber autentik berkenaan dengan kejadian-kejadian pada masa lalu belum ada.
Demikian juga peninggalan berupa masjid-masjid tua dan makam-makam kuno belum
diketahui secara pasti kapan dibangun karena tidak ada keterangan-keterangan
yang secara jelas memuat tentang keberadaannyam karena
dibuat dari bahan yang mudah rusak dan cepat lapuk sehingga dari segi keaslian
bahan sangat sukar dipertanggungjawabkan. Dikatakan bahwa awal masuknya Islam di Lombok ketika seseorang melakukan
pernikaan dan diwajibkan berwudhu, mengucapkan istigfar dan kalimah
syahadat
Selengkapnya
istigfar sebagai berikut :
Astagha firulla
ala alimming kuli sabim wa atubu ilay, tuwan saksinana ; tobat manira ing
Allah, ingkan agung, ingkang alit, ingkang samar, ingkang nyata, ingkang tan
baya, maka manira aenda patobat aken ing Allah Kot Allah lan moga manira untuk
kang sapahat andika rasulullah sallallahu alaihi wasalam, astaga firullah ala
halim.
Kemudian
syahadatnya sebagai berikut :
Wruh ingsung nora ana pangerab lyaning Allah. Lan wruh
ingsun Nabi Muhammad utusan Allah atau
Asyahadu ingsun sining wruh anyak sini angestoken nora pangeran sabenere
hanging Allah pangeran sabenere Nabi
Muhammad utusan Allah
Sampai besarnya
maskawinpun ditetapkan oleh raja-raja, sebagaimana yang dikutip oleh P. De Roo
De La Faille dari sebuah lontar tahun 1543 sebagai berikut :
Auzubillahiminasysyaithonirrojim,
Bimisllahirrahmanirrahim, bismillahi, alham dulillahi, wassalatu
alarrasulullahi sallallahu alaihi wasallam, wusikum ibadallah wanafsim
bitawallah. Manira anikahaken (palakiaken) anak kaulaning Allah huta’llah, nyai
lanu Kalawan lanu saking pasrahing waline kang anduwe anak manire, alal
minangkaring rabi manira, wenten dene maskawinipun saleyar (sareyal) selaka
putih saking titimbangan ing negara Selaparang (atau Bayan) tetap utange maring
lanu.
Yang dijawab oleh
mempelai pria
Manire terima pakon pakenira saking pelakine Embok nyai
......kalawan.....alal minangka rabi manira, wenten dene maskawinipun kaqdi
kang kocap ring wau punika, dadya tetap utang manire ring rabi manira rawuhing
dunia lan rawuhing akherat.
Setelah itu
mempelai pria mengikrarkan pesen (Arab: taqliq thalaq) sebagai berikut :
Samangsa manira
membanga nilaraken ring rabi manira satahun lawese rupa inganambang yen nora
ngingoni, yen nora ngomahi, yen nora nuroni, yen nora kakirim salah sawiji,
nora kombaha jangkep satahun lawase, tiba (gugur) talak manira sepisan tur
katagih maskawine.
Bagaimana perkembangan Islam dan prosesnya
masuknya di Lombok. Klik : ISLAM DILOMBOK
Komentar
Posting Komentar